Senin, 01 Juni 2009

Algoritma dan Struktur Data

A. Pendahuluan

Deskripsi Singkat

Bab ini akan membahas tentang tipe data, operator dan ekspresi.

Relevansi

Pada bab ini dipelajari tentang cara pendeklarasian dan tipe data yang merupakan konsep dasar dalam memahami algoritma sebagai dasar untuk menguasai pemrograman.

Tujuan Instruksional Khusus

Mahasiswa mampu menjelaskan tentang tipe data.

B. Penyajian

1. Tipe Dasar

Tipe dasar sudah dikenal dalam kehidupan sehari-hari. Kita hampir setiap hari berbicara tentang angka-angka dan karakter. Dalam dunia pemrograman, yang termasuk ke dalam tipe dasar adalah : bilangan lojik, bilangan bulat, bilangan riil, karakter dan string.

2. Bilangan Lojik

Nama tipe

Nama tipe bilangan lojik adalah boolean (diambil dari nama seorang matematikawan Inggris, George Boole).

Ranah nilai

Bilangan lojik hanya mengenal dua buah nilai : benar (true) atau salah (false). Istilah bilangan pada bilangan lojik muncul karena kita dapat menyatakan “benar” dengan angka 1 dan “salah” dengan angka 0.

Konstanta

Konstanta yang terdapat pada tipe data ini adalah true dan false.

Operasi

Operasi yang dapat dilakukan terhadap tipe boolean dikenal dengan operasi logika atau operasi boolean. Operasi logika menghsilkan nilai true atau false. Operator logika yang umum digunakan untuk operasi logika adalah not, and, or dan xor.

3. Bilangan Bulat

Bilangan bulat adalah bilangan yang tidak mengandung pecahan desimal, baik positif maupun negatif.

Nama tipe

Nama tipe bilangan bulat adalah integer.

Ranah nilai

Secara teoritis, tipe bilangan bulat mempunyai ranah nilai yang tidak terbatas. Dalam praktek, tipe integer mempunyai rentang nilai yang terbatas. Terdapat lima tipe data integer yang memiliki rentang nilai tertentu, yaitu : byte, shortint, word, integer dan longint.

Tipe

Rentang nilai

Byte

0 . . 255

Shortint

-128 . . 27

Word

0 . . 65535

Integer

-32768 . . 32767

Longint

-2147483648 . . -2147483648

Konstanta

Konstanta untuk nilai bertipe bilangan bulat harus ditulis tanpa mengandung titik desimal.

Operasi

Operasi yang dilakukan terhadap bilangan bulat ada dua, yaitu operasi aritmatika (+, -, *, div dan mod) dan operasi perbandingan (<, <=, >, >=, =, <>).

4. Bilangan Riil

Bilangan riil adalah bilangan yang mengandung pecahan desimal.

Nama tipe

Nama tipe bilangan riil adalah real.

Ranah nilai

Secara teoritis, tipe bilangan riil memiliki ranah nilai yang tidak terbatas. Dalam implementasinya, tipe real dapat direpresentasikan ke dalam empat macam tipe, yaitu real, single, double dan extended.

Tipe

Rentang nilai

Real

2.9 x 10-39 . . 1.7 x 1018

Single

1.5 x 10-45 . . 3.4 x 1038

Doble

5.0 x 10-324 . . 1.7 x 10308

Extended

3.4 x 10-4932 . . 1.1 x 104932

Konstanta

Setiap konstanta yang bertipe bilangan riil harus ditulis dengan tanda titik desimal.

Operasi

Operasi yang dilakukan terhadap bilangan riil ada dua macam, yaitu operasi aritmatika (+, -, *, /) dan operasi perbandingan (<, <=, >, >=, <>)

5. Karakter

Yang termasuk ke dalam karakter adalah semua huruf abjad, semua tanda baca, angka dalam tanda petik (‘0’) dan karakter khusus seperti ‘&’, ‘@’. Karakter kosong (null) adalah karakter yang panjangnya nol, dan dilambangkan dengan ‘ ‘.

Nama tipe

Nama tipe untuk karakter adalah char.

Ranah nilai

Ranah nilai karakter adalah semua huruf alfabet, angka desimal, tanda baca, operator aritmatika, dan karakter khusus.

Konstanta

Konstanta karakter harus diapit oleh tanda petik tunggal, seperti : ‘h’, ‘H’, ‘1’.

Operasi

Operasi yang dilakukan terhadap tipe karakter adalah operasi perbandingan (=, <>, <, <=, >, >=).

6. String

String adalah untaian karakter dengan panjang tertentu.

Nama tipe

Nama tipe string adalah string.

Ranah nilai

Ranah nilai untuk tipe string adalah deretan karakter yang telah didefinisikan pada ranah karakter.

Konstanta

Semua konstanta string harus diapit oleh tanda petik tunggal, seperti : ‘Bandung’, ‘Informatika’.

Operasi

Operasi terhadap data bertipe string ada dua macam, yaitu operator penyambungan (+) dan operasi perbandingan (=, <>, <, <=, >, >=).

7. Tipe Bentukan

Tipe bentukan adalah tipe yang didefinisikan sendiri oleh pemrogram. Tipe bentukan disun oleh satu atau lebih tipe dasar. Ada dua macam tipe bentukan, yaitu tipe dasar yang diberi nama tipe baru dan tipe terstruktur.

8. Tipe Dasar yang Diberi Nama Tipe Baru

Kadang-kadang pemrogram ingin memberi nama baru terhadap tipe dasar yang sudah dikenal. Alasan pemberian nama baru mungkin agar nama baru tersebut lebih ‘akrab’ dan lebih mudah diintepretasi oleh orang yang membaca teks algoritma.

Kita dapat memberi nama baru untuk tipe dasar tersebut dengan kata kunci type. Ranah nilai, cara menulis konstanta dan operasi terhadap tipe baru tersebut tidak berubah, tetap sama dengan tipe dasar aslinya.

Contoh : type BilanganBulat : integer

BilanganBulat adalah tipe bilangan bulat yang sama saja dengan tipe integer.

9. Tipe Terstruktur

Tipe terstruktur adalah tipe yang berbentuk rekaman (record). Record disusun oleh satu atau lebih field. Tiap field menyipan data dari tipe dasar tertentu atau dari tipe bentukan lain yang sudah didefinisikan sebelumnya. Nama record ditentukan sendiri oleh pemrogram.

C. Penutup

1. Rangkuman

Pada umumnya, program komputer memanipulasi objek (data) di dalam memori. Variabel dan konstanta adalah objek data dasar yang dimanipulasi di dalam program. Deklarasi daftar variabel digunakan untuk menyatakan tipe variabel. Operator mendefinisikan operasi apa yang dpat dilakukan terhadap variabel dan konstanta untuk menghasilkan nilai baru.

Tipe sebuah objek menentukan himpunan nilai yang dapat dimilikinya dan operasi yang dapat dilakukan pada objek tersebut. Nilai-nilai yang dicakup oleh tipe tersebut dinyatakan di dalam ranah nilai. Operasi beserta operator yang dapat dilakukan terhadap tipe tersebut juga didefinisikan.

Tipe data dapat dikelompokkan nenjadi dua macam, yaitu tipe dasar dan tipe bentukan. Tipe dasar adalah tipe yang dpaat langsung dipakai, sedangkan tipe bentukan dibentuk dari tipe dasar atau tipe bentukan lain sudah didefinisikan sebelumnya.

2. Pertanyaan

Buatlah program untuk menjumlahkan dan mengalikan 2 buah bilangan.

3. Umpan Balik dan Tindak Lanjut

Cocokkan hasil jawaban anda dengan kunci jawaban di bawah. Bila Jawaban anda mencapai tingkat penguasaan 80% ke atas, anda dapat meneruskan dengan kegiatan belajar selanjutnya. Tetapi apabila penguasaan anda kurang dari 80% anda harus mengulangi kegiatan belajar 1 terutama pada bagian yang tidak anda kuasai. Untuk dapat menguasai materi ini, perbanyaklah latihan soal baik secara teori maupun mempraktekan secara langsung di komputer dengan berbagai soal yang berbeda.

4. Jawaban :

Program Menjumlahkan_Bilangan;

Var

A,B,Tambah,Kali:Integer;

Begin

Clrscr;

Write(’Masukkan Harga A Sembarang ‘);Readln(A);

Write(’Masukkan Harga B Sembarang ‘);Readln(B);

Tambah:=A+B;

Kali:=A*B;

Clrscr;

Writeln(’Harga A= ‘,A);

Writeln(’Harga B= ‘,B);

Writeln(’Hasil Penjumlahan A dan B adalah= ‘,Tambah);

writeln(’Hasil Perkalian A dan B adalah = ‘,Kali);

writeln

End.

1 komentar:

  1. CASINO ROOM - Harrah's Cherokee Casino Resort
    Harrah's Cherokee 강릉 출장안마 Casino Resort 경기도 출장안마 invites you to join 대전광역 출장마사지 the fun at Harrah's 파주 출장샵 Cherokee for a fun, friendly gaming environment. We have more than 2600 slots and 평택 출장샵

    BalasHapus